4 Tips Belajar Super Efektif!

Alo, Covriends!

Bagaimana kabarnya nih semua? Aku harap kalian semua yang baca ini sedang di keadaan yang baik ya! Ngomong-ngomong, karena sudah masuk ke minggu sekolah, aku bakal kasih beberapa tips yang pasti kalian butuh banget. Buat kalian yang masih bingung kalau cara belajar yang biasa dilakukan itu salah apa enggak, langsung saja yuk kita bahas?

 

  1. Lakukan pengulangan berkala atau spaced repetition

Banyak orang yang masih salah kaprah dalam belajar karena mereka berpikir bahwa dengan belajar sampai berjam-jam adalah suatu cara belajar yang benar. Padahal, itu adalah cara belajar yang salah, loh! Cara belajar yang benar tidak perlu belajar sampai berjam-jam karena dengan belajar hanya 15 menit saja tetapi kalian konsisten melakukan itu setiap hari selama satu minggu pada satu bab itu sudah sangat efektif. Dengan melakukan itu, kalian akan lebih mudah menghafal dan memahami suatu materi karena otak kalian akan memiliki kemajuan dalam memahami suatu materi.

 

  1. Lakukan teknik Podomoro

Teknik belajar yang terkenal ini merupakan cara belajar dengan menyalakan alarm selama 25 menit, lalu sisakan 5 menit untuk istirahat dan setelah itu nyalakan alarm selama 25 menit kembali dan lakukan langkah tersebut berulang-ulang sampai merasa cukup. Teknik ini akan membuat belajar lebih terorganisasi dan lebih efektif.

 

  1. Lakukan review atau pengulangan materi

Kalian bisa melakukan review dengan mengerjakan latihan soal agar apa yang kalian pelajari bisa berguna dan bisa menguji apakah yang kalian pelajari benar atau tidak.

 

  1. Belajar dengan rasa ikhlas, jangan dipaksakan!

Dengan kita memaksakan untuk belajar padahal perasaan atau fisik kita tidak mendukung, itu akan membuat kalian susah untuk memahami materi. Maka dari itu, kalian bisa menunggu atau menenangkan diri terlebih dahulu dengan istirahat dan mulai belajar kembali apabila tubuh dan perasaan kalian sudah siap untuk belajar. Apabila kita memiliki mood untuk belajar, kita akan cepat dalam memahami dan kita tidak akan stres yang berlebihan.

 

​Nah, bagaimana nih Covriends? Kira-kira cara belajar kalian sama enggak kayak di atas atau malah kalian berbeda jauh?

 

Sekian itu dulu dari aku untuk hari ini, semoga artikel ini dapat membantu kamu menentukan cara belajar yang benar dan efektif, ya! Have a nice day, Covriends.

 

Referensi: https://www.akupaham.com/cara-belajar-efektif/

 

 

Bagikan ke Covriends lainnya