Metode untuk Mengenali Nanas Matang

Alo Covriends!

Apakah Covriends pernah membeli nanas muda padahal yang ingin dibeli nanas matang??  pastinya, kebanyakan orang pernah mengalami hal seperti ini. Nah, aku mau memberikan beberapa tips untuk Covriends agar bisa membedakan mana yang nanas matang atau bukan.

Metode yang Pertama yaitu : Melalui aroma bau nanas dan sentuhan

Mencium Aroma Nanas. Balikkan nanas lalu cium bagian ujung tangkainya. Aroma yang manis sebagai penentu bahwa sudah memiliki kematangan. Jika aromanya tidak manis, nanas dikatakan belum matang.

  • Cobalah membaui aroma nanas dari sisi yang lain. Aroma manis pada nanas mungkin tidak sama di setiap sisinya. Akan tetapi, Anda tetap bisa membaui aromanya dari bagian ujung tangkai (bagian ini memiliki aroma yang paling kuat).
  • Jangan memilih nanas yang mengeluarkan bau seperti fermentasi. Walaupun Anda menginginkan nanas yang beraroma manis, jangan memilih nanas yang terlalu matang, yang aroma manisnya seperti alkohol atau cuka.
Tekan nanasnya. Tekan bagian buah nanas dengan sangat lembut. Nanas harus agak keras, tetapi cukup lunak sehingga akan melesak sedikit ketika ditekan.
Perhatikan berat nanas. Nanas yang berat berarti mengandung banyak air karena cairan akan membuat nanas menjadi lebih berat. Kandungan air yang banyak berarti nanas lebih manis dan matang.
Tariklah daun dari bagian atas nanas. Banyak orang yang tidak sependapat dengan metode ini, sebagian orang percaya bahwa nanas telah matang jika daunnya bisa dipetik dengan mudah dari bagian atas buah. Akan tetapi, jika daunnya terlalu mudah ditarik, mungkin nanas sudah membusuk, Pernyataan ini tidak sependapat dengan banyak orang.
Metode yang Kedua Yaitu : Menggunakan Pandangan Kita Sendiri
Check warnanya. Nanas biasanya memiliki warna kuning keemasan. Akan tetapi, nanas yang berwarna hijau belum tentu masih mentah.

  • Ingatlah bahwa beberapa jenis nanas dianggap telah matang walaupun sebagian warnanya masih hijau.
  • Sebagai pedoman umum, di bagian pangkal buah harus berwarna kuning. Warna kuning yang semburat ke bagian atas nanas biasanya menandakan bahwa buahnya lebih manis.

Check warna daun. Karena buahnya bisa berwarna kuning keemasan atau hijau, mungkin Anda bisa memperhatikan warna daunnya untuk mendapatkan penilaian yang lebih baik. Pilihlah nanas dengan daun yang hijau dan Fresh serta paling utama sehat.

Liat juga bentuk nanas. Nanas harus benar-benar mengembang dengan bagian tepi yang bulat dan mata yang juga mengembang. Mata nanas adalah bagian tengah berduri yang berada di dalam lingkaran kasar yang terbentuk karena pola geometris pada nanas. 

  • Jangan memilih nanas dengan kulit yang kusut, cokelat kemerahan, retak atau keluar cairan, berjamur, atau memiliki daun yang layu dan berwarna cokelat. karena ini menandakan buahnya yang sudah busuk.

Nah, sekarang udah tau dan paham kan tentang pemilihan buah nanas yang matang dan segar dibandingkan buah nanas yang busuk dan masih muda, walaupun sebagian warnanya Hijau buah nanas belum tentu tidak matang lho, Semoga bermanfaat, Covriends.

Referensi : https://id.wikihow.com/Mengenali-Nanas-Yang-Matang