Pengaruh Manusia Terhadap Perubahan Iklim Bumi

Alo Covriends!

Kalian tahu tidak? Dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan alam perlu kita cermati karena semakin hari aktivitas manusia semakin banyak dan beragam. Aktivitas manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup dapat menimbulkan dampak terhadap lingkungan.

Nah, para ilmuwan meyakini bahwa aktivitas yang dilakukan oleh manusia berdampak pada naiknya suhu rata-rata planet Bumi. Perubahan yang cepat dan meluas telah terjadi pada iklim di planet Bumi dan beberapa dampaknya sudah terjadi.

Bagaimana itu bisa terjadi yaa?

Berdasarkan hasil dari Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim atau Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC), menunjukkan bahwa aktivitas manusia sangat berpengaruh terhadap perubahan iklim dan dampaknya berpotensi sangat buruk bagi peradaban dunia. Data ini didapatkan dari hasil kerja atau ringkasan oleh WGI (kelompok kerja 1) untuk pembuat kebijakan (Summary for Policymaker/SPM) berjudul “Perubahan Iklim 2021: Basis Ilmu Fisika (Climate Change 2021: the Physical Science Basis)”.

Dampak terhadap lingkungan ini terjadi karena manusia cenderung eksploitatif atau mengambil sumber daya alam dari lingkungan secara berlebihan. Akibatnya, lingkungan mengalami kerusakan dan diperparah dengan perkembangan teknologi. Pada akhirnya, kerusakan lingkungan berdampak buruk bagi kehidupan manusia.

Laporan WGI meneliti dasar fisika dari perubahan iklim masa lalu, sekarang, dan masa depan. Pelaporan ini juga merupakan kontribusi dari ribuan komentar ahli dan pemerintah yang berlandaskan lebih dari empat belas ribu makalah ilmiah sebagai rujukan dalam laporan tersebut.

  1. Laju pemanasan semakin cepat

Diketahui bahwa pengaruh manusia telah meningkatkan pemanasan pada sistem iklim dan iklim pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam dua ribu tahun terakhir. Laju pemanasan ini semakin cepat, suhu permukaan global meningkat lebih cepat sejak tahun 1970 dibandingkan periode lima puluh tahun lainnya setidaknya dua ribu tahun terakhir ini. Emisi yang disebabkan oleh manusia telah bertanggung jawab atas hampir keseluruhan pemanasan global.

  1. Dampak aktivitas Gas Rumah Kaca (GRK)

Pernyataan tentang laju pemanasan semakin cepat itu didasarkan pada perhitungan dalam penilaian laporan IPCC sebelumnya. SPM menyatakan bahwa peningkatan konsentrasi gas rumah kaca sejak sekitar tahun 1750 disebabkan oleh aktivitas manusia.

Sejak masa pra-industri, terbantau bahwa gas-gas rumah kaca tersebut telah menyebabkan pemanasan di bumi. Dua gas rumah kaca yang paling bertanggung jawab dan memiliki kontribusi paling besar dalam perubahan iklim ini adalah karbon dioksida (CO2) dan metana (CH4/methane). Pada tahun 2019, konsentrasi CO2 di atmosfer mencapai tingkat paling tinggi dari yang pernah ada dalam kurun waktu dua juta tahun. Keduanya merupakan GRK yang signifikan, lebih tinggi dari yang pernah ada dalam setidaknya kurun waktu delapan ratus ribu tahun. Tingkat CO2 yang melonjak tinggi ini disebabkan oleh aktivitas manusia seperti pembakaran bahan bakar fosil dan deforestasi menyebabkan penaikan terhadap suhu global pada tingkat tercepat selama lima puluh tahun terakhir.

Jadi begitulah sebab-sebab yang dikemukakan menurut laporan yang ada. Covriends bisa memulai perubahan-perubahan kecil dikehidupan sehari-hari untuk membangun perubahan yang signifikan bagi keberlangsungan Bumi tercinta kita.

Semangat berjuang untuk Bumi!!

Sumber :
https://www.kompas.com/sains/read/2021/08/16/193200423/studi-buktikan-aktivitas-manusia-pengaruhi-perubahan-iklim-bumi?page=all#page2
http://ipsgampang.blogspot.com/2015/01/dampak-aktivitas-manusia-terhadap.html

Bagikan ke Covriends lainnya