Tips Agar Tidak Mengantuk Saat Membaca Buku

Alo Covriends!

Pasti sudah tidak asing dengan istilah ‘membaca buku layaknya membuka cakrawala dunia’. Hal itu benar adanya karena dengan membaca Covriends dapat mengetahui dan memahami banyak hal. Namun seringkali, kita malas membaca buku karena memiliki hambatan saat membaca seperti mengantuk dan cepat pegal.

Misalnya saja Covriends baru membaca beberapa halaman namun rasanya mata sudah berat, akhirnya mengantuk dan menyudahi kegiatan membaca dengan sangat cepat. Padahal jika Covriends dapat menahan dan mengatasinya, membaca pasti akan menjadi kegiatan produktif yang akan menambah wawasan Covriends, lho!

Dimulai Dari Niat dan Komitmen
Pastikan sedari awal apa tujuan Covriends membaca buku, bisa untuk hiburan atau memang benar-benar ingin memahami isinya. Memastikan niat sedari awal bisa memberikan sugesti bahwa Covriends sedang dalam posisi serius dan butuh memahami isi bacaan tersebut. Kemudian jika ingin memahami isi buku tersebut maka Covriends juga harus memiliki komitmen saat membacanya karena sulit memahami isi suatu buku jika jarang dibaca.

Memilih Waktu yang Tepat Untuk Membaca
Adapun waktu terbaik untuk membaca buku yang bisa dicoba ialah pagi hari setelah beristirahat yang cukup. Membaca di pagi hari akan membuat lebih semangat karena badan masih segar setelah mandi dan sarapan. Membaca di pagi hari juga membantu lebih mudah mencerna isi bacaan sehingga Covriends tidak akan mudah merasa ngantuk.

Mencari Posisi Membaca yang Nyaman
Posisi tubuh sangat menentukan intensitas dan seberapa lama kita kuat membaca. Posisi tubuh yang benar untuk membaca buku adalah duduk tegak namun tidak tegang. Pastikan posisi punggung lurus dan jarak mata terhadap buku tidak terlalu dekat ataupun jauh. Untuk membantu kenyamanan membaca, Covriends bisa menggunakan meja untuk menumpu tangan dan buku yang sedang dipegang. Tambahkan juga beberapa minuman dan makanan yang bisa membuat lebih betah berlama-lama bersama buku bacaan.

Sementara itu, hindari posisi membaca sambil tidur tengkurap, terlentang, ataupun bersender pada bantal atau sesuatu yang empuk saat membaca. Posisi inilah yang akan menyebabkan Covriends terstimulasi untuk merasakan kantuk dan akhirnya tertidur.

Menyiapkan Makanan Ringan Sebagai Cemilan
Terakhir, tips ampuh anti ngantuk saat membaca buku yang bisa dicoba ialah dengan menyiapkan makanan ringan dan minuman yang Covriends sukai. Misalnya potongan roti atau kue kering yang manis.

Disarankan untuk tidak mengonsumsi susu hangat saat membaca buku karena biasanya susu hangat memiliki efek yang dapat merasakan kantuk. Covriends bisa memilih minuman yang dingin agar tubuh juga tetap segar saat membaca.

 

Referensi:

https://www.fimela.com/lifestyle/read/4280735/5-tips-agar-tidak-mengantuk-saat-membaca-buku

Bagikan ke Covriends lainnya