Apa Sih Perbedaan PSBB dan PPKM Darurat?

Alo, Covriends! Semakin kesini, kayanya tiap hari ada aja gak sih denger kabar orang terdekat kita positif Corona. Karena kasus positif di Indonesia sekarang ini sudah sangat tinggi. Maka dari itu, pemerintah membuat peraturan baru yaitu PPKM Darurat. Apa lagi tuh? Emang beda ya sama PSBB yang sudah sehari-hari kita laksanain. Nah, Covriends, sebenarnya PPKM Darurat dan PSBB itu ada perbedannya loh. Walaupun memiliki tujuan yang sama yaitu menekan angka penularan virus Covid-19. PPKM Darurat sendiri merupakan suatu kebijakan baru dan diberlakukan 3-20 Juli 2021. Sementara PSBB sendiri di terapkan di masa awal pandemi 2020 lalu.

PSBB merupakan kebijakan dimana tiap daerah memiliki kewenangan untuk menetapkan kebijakan di wilayah mereka. Kepala daerah yang ingin menerapkan PSBB harus memenuhi syarat dan disetujui oleh Menteri Kesehatan. Sedangkan untuk PPKM Darurat, pemerintah langsung menetapkan daerah yang wajib menjalankan PPKM Darurat. Nah, yang sekarang sedang kita jalani itu PPKM Darurat. Covriends tau gak sih apa saja kebijakan-kebijakan dari PPKM Darurat? Untuk PPKM Darurat terdiri dari beberapa poin, untuk sektor non esensial diberlakukan WFH (Work From Home) sebesar 100%, untuk sektor esensial diberlakukan WFH (Work From Home) sebesar 50%, dan untuk sektor kritikal 100% beroperasi.

Penting loh Covriends untuk kita mematuhi peraturan yang ada agar dapat mencegah penularan virus Covid-19. Semoga kita semua sehat selalu dan keadaan cepat kembali normal. Jangan lupa selalu mematuhi protokol kesehatan ketika berada di tempat umum. Stay home and stay safe, Covriends!

Sumber:

https://nasional.kompas.com/read/2021/07/02/11461111/apa-beda-psbb-dengan-ppkm-darurat-ini-penjelasan-menko-luhut?page=all

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210108070438-20-590992/habis-psbb-terbitlah-ppkm-apa-bedanya